Wajah transportasi Kereta Api di Jakarta

Hari ini, jam 7 pagi tadi di Stasiun kereta api Depok Baru, gw melihat seorang kakek2 naik kereta ekonomi non AC dengan cara “nyempil” di bagian luar samping sambungan antar gerbong. Jujur aja nih gan, semua orang yg melihat kakek itu jadi khawatir. Gw termasuk orang yg mengkuatirkan si kakek itu, karena khawatir dia bakal kejepit di antara 2 gerbong itu kalo keretanya sedang berbelok. Paling tidak, gw khawatir kalo tuh kakek bakalan jatuh lantaran pegangannya ke pipa plastik ngga erat atau kakinya keselip dari pijakan. Memang sih, kita semua udah mahfum kalo banyak orang pengen naik kereta api dengan gratis alias males beli tiket… Tp apa musti segitu ekstrimnya??

Tp itu belum apa2…

Saat gw naik kereta menuju kantor, ternyata penumpang yg naik MEMBLUDAK!! Padahal, biasanya ngga sampe sePENUH gitu… Apa sebab?? Ternyata kereta pertama jurusan Depok – Tanah Abang yg seharusnya nongol sebelum yg ini, malah ngga ada. Akibatnya bisa ditebak; jumlah penumpang kereta tadi menjadi 2 kali lipat, karena harus menampung para penumpang yg ngga keangkut tadi pagi.

Sebenernya hal ini bisa diatasi, ASALKAN jumlah gerbong ditambah. Masalahnya, PJKA yg menangani per-kereta api-an di Indonesia ngga mikirin hal itu. Mereka lebih mikirin penghematan (k0rup$!… atau memang P3L1T…) dengan tidak membeli gerbong2 tambahan. Padahal, kalo dipikir dengan nalar, makin banyak gerbong, makin banyak penumpang yg terangkut, makin banyak keuntungan buat mereka jg kan?? Ah, udahlah! Susah ngommong ama orang yg di posisi leha-leha…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: